wisata

Menikmati 3 curug dalam 1 kawasan

Berencana untuk berwisata ke curug atau air terjun di sentul bogor, yuk simak artikelnya…

Ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya untuk kalian yang sudah buka link ini dan berkenan untuk baca artikelnya, saya sebagai admin bakal sering-sering membuat artikel tentang wisata , Tempat Penginapan dan tempat makanan yang lagi hits yang ada di sekitar sentul dan bogor, informasi yang bisa kalian dapat dengan mebaca artikel -artikel ini ,Selamat Membaca guysss…

ok guyss… lansung aja yaa… Bogor si kota hujan ya itu nama lain dari kota bogor, kota bogor yang terkenal damai tanpa macet, bogor yang terkenal akan kesejukan nya tak heran banyak wisatawan yang berlibur ke kota hujan. Banyaknya tempat wisata dan wahana  yang bisa memanjakan mata kalian yang dipadu dengan indahnya alam, Yuk cuss langsung aja ke cerita aku , sentul untuk saat ini bisa dibilang wilayah 1001 curug, karna memang banyak banget curug di wilayah sentul, dari yang sudah dikenal banyak orang sampe dengan yang belum banyak pengunjungnya.

Curug yang akan dibahas namanya curug Ciburial, berlokasi di Kab Bogor terletak di provinsi Jawa Barat, Indonesia. Tepatnya di Desa Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810. untuk alamat lengkap menuju curug ini kalian bisa menggunakan google maps , lebih tepatnya curug ini berlokasi di wilayah kampung cibereum cibadak yang berada di wilayah sentul. untuk jam bukanya curug ciburial buka dari jam 06:00 – 18: 00

Curug Ciburial menjadi salah satu curug yang bisa kalian nikmati bersama keluarga dan teman-teman tapi harus kuat jalan kaki ya guyss. nah untuk wisata alam yang satu ini merupakan salah satu curug yang recomended banget buat kalian para pecinta alam, kalian wajib cobain tempat ini.

Proses perjalanan menuju lokasi cukup melelahkan namun akan terbayarkan karena keindahan alam selama perjalanan dan juga keindahan alam di lokasi curug yang bisa anda nikmati, yang tak kalah  cantiknya ialah  kalian bisa mengunjungi tiga curug dalam satu lokasi, asyik ga tuh… mau tau nama curugnya?? yaitu Curug Hordeng, Curug Kembar, dan Curug Ciburial keren banget kan .

Nah buat kalian yang minat main kesini kalian bisa melewati arah jalan menuju curug leuwi hejo yang terkenal dengan keelokanya namun jarak antara curug leuwi hejo dan curug ciburial cukup jauh. Pemandangan dan suasananya berbeda dengan curug leuwi hejo. jika kalian pernah ke curug leuwi hejo dari situ kalian ambil lurus dan kalian bakal di arahin ke jalan menuju curug ciburial, sebetulnya banyak petunjuk arah yang akan memandu kalian kelokasi. kalian bisa menggunakan mobil atau motor, namun menurut warga setempat lebih banyak pengunjung yang menggunakan motor.

Aku main kecurug ini pada Tanggal 09 November 2019, bareng temen yang sudah menjelajahi lebih dari 100 curug (air terjun) yang ada di bogor jadi ga heran main kecurug menurut dia biasa aja. karna kesamaan hoby itulah kita memutuskan untuk jalan bareng. oke lansung cus ke cerita perjalanannya, setelah tiba di lokasi kalian akan diarahkan ke gerbang utama, kemudian akan di pungut biaya sebesar 15.000 per orang untuk Weekend dan 10.000 untuk Weekday. Menurut aku cukup murah harga segitu karna kalian hanya bayar 1x kali saja bisa menikmati 3 curug sekaligus, untuk parkir motor sebesar 10.000 / motor bebas sampai jam berapa saja, dari pos utama kalian bisa melewati jalan bebatuan yang lumayan terjal namun masih bisa kalian lewati dengan motor setelah itu bisa parkir di area sebelum gerbang utama atau sesudah gerbang utama, saran saya kalian parkirnya di area sesudah melewati gerbang utama ya karna jarak yang lumayan jauh dengan kisaran waktu  10 menit jalan kaki. Setelah parkir yuk cus dimulai perjalanan menuju lokasi tapi jangan lupa berdo’a ya.

Perjalananan dengan jalan kaki menempuh jarak sekitar 30 menit perjalanan, tapi eits semua akan terbayarkan oleh keindahan alamnya,  ditengah perjalanan ada sebuah warung yang menyiapkan tempat istirahat, toilet dan mushola untuk umum, variasi makanan yang disajikan dan adanya tempat selfie bisa digunakan untuk menambah koleksi foto perjalanan kalian tapi eits jangan berlama-lama untuk istirahat disini ya karna perjalanan kalian masih jauh hehehe, kalian bisa melanjutkan perjalanan dengan jalan yang cukup terjal, turun naiknya jalan serta ukuran jalan yang cukup lebar akan ada beberapa motor  pribumi yang melewati jalan ini, setelah itu akan ketemu tanjakan yang saat itu masih tanah belum diaspal cukup licin dan curam namun masih aman untuk kalian lewati. setelah melewati jalan tanjakan tadi yang berjarak sekitar 20 menit, kalian akan di suguhkan kembali dengan view yang amat cantik, cocok sekali untuk berswa foto bareng temen temen, tapi ini belum sampe dilokasi yang dituju karena masih ada beberapa rute yang harus dilewati, perjalanan dilanjutkan dengan jalan yang cukup kecil serta terjal setelah memasuki area hutan, nah selesai melewati perjalanan tersebut kalian bisa langsung memilih curug mana yang akan kalian datangi terlebih dahulu, ada 2 jalur yang berbeda untuk menuju tiga curug ini saran saya pilih ke curug hordeng terlebih dulu, setelah itu kalo mau masuk kecurug kembar dan ciburial tinggal ngikutin jalan setapak saja.

Saat itu di curug hordeng masih sepi pengunjungnya udah kaya curug punya sendiri gitu hehehe, oia di curug / air terjun hordeng ini kalian bisa berenang loh, terdapat kolam yang lumayan luas dengan kedalaman sekitar 1-2 meter tapi tetap harus hati hati ya, airnya jernih jadi kalau mau berfoto didalam air akan terlihat jelas. 

Setelah bosan dengan curug hordeng kalian bisa langsung menuju curug kembar dan disini hanya bisa berfoto saja tidak bisa berenang seperti di curug hordeng karna kedalaman curug kembar hanya semata kaki, setelah menikmati curug kembar ini kita bisa melanjutakan perjalanan menuju curug yang terakhir yaitu curug ciburial. 

Curug ciburial juga memiliki kolam seperti curug hordeng namun disini disarankan untuk tidak berenang ke tengah kolam karna kedalaman kolam di curug ini sekitar 4-5 meter dalem banget yaaa.. kalian bisa berenang di pinggiran kolam yaa dan ada tali yang membatasi kedalamannya walaupun aman tapi tetap harus waspada. selain kolam utama ternyata di bawahnya ada kolam lain yang ga kalah bagus nya untuk foto-foto yang berjarak hanya 3 menit saja. kalian bisa berenang disitu, ukuran kolam yang memanjang dan kedalaman sekitar 1 meter saja dan disini ternyata lebih banyak pengunjungnya lohhh.  setelah puas berenang terdapat toilet yang bisa digunakan untuk ganti baju dan juga warung untuk mengisi perut setelah seharian berenang dan berfoto.

Selamat mencoba untuk kalian yang mau kesini. di jamin ga nyesel dehhh… oia pesan dari aku jangan buang sampah sembarangan ya ingat alam itu harus di jaga bukan di kotori , salam lestari !!!

Baca juga : Air Terjun Bidadari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *